Headlines News :
VISI FIP UNIMA : Pada tahun 2025 menjadi Fakultas yang bermutu, unggul, dan kompetitif dalam menghasilkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, serta dalam pengembangan ilmu pendidikan

Pendidikan Luar Sekolah FIP UNIMA


IDENTITAS PROGRAM STUDI

Program Studi (PS)                       Pendidikan Luar Sekolah

Jurusan/Departemen                    Pendidikan Luar Sekolah

Fakultas                                     Ilmu Pendidikan

Perguruan Tinggi                          Universitas Negeri Manado

Nomor SK pendirian PS (*)            2689/D/T/ 2006

Tanggal SK pendirian PS                12-06-2006

Pejabat Penandatangan
SK Pendirian PS                           Dirjen Dikti

Bulan & Tahun Dimulainya
Penyelenggaraan PS                     September 2006

Nomor SK Izin Operasional (*)                 2689/D/T/ 2006

Tanggal SK Izin Operasional          12-06-2006

Peringkat (Nilai) Akreditasi Terakhir : 2,93 (C)

Nomor SK BAN-PT                        :  047/BAN-PT/Ak-XIV/S1/XII/2011
                                        
Alamat PS                                  Matani 1 Kaaten Tomohon Tengah

No. Telepon PS                           :  (0431) 353685

No. Faksimili PS                           :  (0431) 321119Homepage dan E-mail PS 

Homepage dan E-mail PS              udumdo@yahoo.co.id

A.   Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan serta strategi PENCAPAIAN

 1.    Visi,

Berpedoman pada Visi UNIMA dan Fakultas Ilmu Pendidikan, maka visi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah dirumuskan sebagai berikut: menghasilkan Sarjana (S1) menguasai secara paripurna kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional dan sosial. Profesional dan fungsional sebagai pendidik dan tenaga kependidikan, berkompeten, memberdayakan potensi demi terwujudnya masyarakat sejahtera.

 2.    Misi,

a.    Menyelenggarakan pendidikan bagi lulusan SMU atau diploma menjadi sarjana PLS yang ahli dan profesional sebagai Pendidik (fasilitator/pendamping, Tutor/ Instruktur / widiaiswara dan sebagai Pamong Belajar).
b.    Menyelenggarakan pendidikan bagi lulusan SMU atau diploma menjadi sarjana PLS yang ahli dan profesional sebagai tenaga kependidikan (pembentuk satuan PLS, pengelola, pengembang satuan PLS dan sebagai tenaga profesional).
c.    Menyelenggarakan pendidikan bagi lulusan SMU, diploma dan sarjana non PLS sebagai pegawai negeri sipil, pegawai swasta atau pengelola lembaga pendidikan dan keterampilan (LPK) menjadi sarjana PLS yang ahli dan profesional sebagai pendidik dan tenaga kependidkkan.
d.    Melaksanakan penelitian dalam bidang keilmuan atau pengembangan model-model pembelajaran bagi masyarakat pada satuan pendidikan nonformal dan informal.
e.    Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai agen pembaharu di masa depan.
f.     Menggalang dan menciptakan jaringan kerjasama kemitraan dengan berbagai intansi teknis (stake holders) terutama dengan Subdin PNFI Kementerian Pendidikan Nasional tingkat Provinsi dan Kabupaten / Kota dengan berbagai jajarannya atau Dinas lain yang bergayut
 3.    Tujuan

a.    Menghasilkan lulusan (sarjana PLS) yang memiliki kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional dan sosial sebagai Pendidik (fasilitator/ pendamping, Tutor/Instruktur/ widiaiswara dan Pamong Belajar).
b.    Menghasilkan lulusan (sarjana PLS) yang memiliki kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional dan sosial sebagai tenaga kependidikan (pembentuk satuan PLS, pengelola, pengembang satuan PLS dan tenaga profesional).
c.    Menghasilkan lulusan SMU, diploma dan sarjana non PLS sebagai pegawai negeri sipil, pegawai swasta atau pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) menjadi sarjana PLS yang profesional sebagai pendidik dan tenaga kependidikan.
d.    Menghasilkan temuan-temuan penelitian dalam bidang keilmuan pendidikan orang dewasa dan anak usia dini atau model-model pembelajaran pada pendidikan keaksaraan fungsional, pendidikan kesetaraan, pendidikan anak usia dini dan bentuk pendidikan masyarakat lainnya.
e.    Terwujudnya kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk: Ipteks Bagi Masyarakat (IbM) dengan sumber dana dari DP2M Dirjen Dikti Kemendiknas atau sumber Dana DIPA UNIMA untuk pemberdayaan masyarakat.
f.     Terwujudnya kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk pendidikan dan latihan (Diklat) bidang Pendidikan Keaksaraan Fungsional, Pendidikan Kesetaraan, Pendidikan Anak Usia Dini, Pemberdayaan Perempuan dan Generasi Muda bekerjasama dengan Direktorat Pendidikan Nonformal dan Informal Kemendiknas tingkat nasional dan provinsi.
  
4. Sasaran dan Strategi Pencapaian
a.    Dalam kurun waktu 2011-2015, Lulusan sarjana PLS yang ahli dan profesional sebagai tenaga pendidik dan kependidikan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan nilai B sampai dengan A (2,75-4).
b.    Dalam kurun waktu 2011-2015 Lulusan sarjana PLS sebagai pegawai negeri sipil, pegawai swasta atau pengelola lembaga pendidikan dan keterampilan (LPK) menjadi sarjana PLS yang memiliki kompetensi profesional dan teknis-fungsional  dengan IPK B sampai dengan A (2,75-4).
c.    Dalam kurun waktu 2011-2015, Lulusan sarjana PLS memiliki pekerjaan tetap sebagai pendidik atau tenaga kependidikan pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Pamong Belajar pada SKB dan BPKB, berbagai LPK atau subdin PNFI pada dinas Kemendiknas atau dinas lainnya yang bergayut tingkat provinsi dan kabupaten/kota.
d.    Dalam kurun waktu 2011-2015 seluruh dosen melaksanakan penelitian kreativitas, penelitian fundamental atau penelitian hibah bersaing. Adanya temuan penelitian model-model pembelajara tentang: belajar orang dewasa, pendidikan keaksaraan, pendidikan kesetaraan, pendidikan anak usia dini dan bentuk pendidikan masyara kat lainnya.
e.    Dalam kurun waktu 2011-2015 terlaksana kegiatan pengabdian pada pada masyarakat tentang, pendidikan keaksaraan fungsional, pendidikan kesetaraan, pendidikan anak usia dini dan bentuk pendidikan masyarakat lainnya.
f.     Dalam kurun waktu 2011-2015, tersusun Sinopsis, RPP dan Bahan Ajar lengkap dengan tes akhir semester untuk semua mata kuliah. 
g.    Dalam kurun waktu 2011-2015, semua dosen memiliki Laptop milik pribadi atau pemerintah dan melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Tehnologi Informasi (TI) seperti: LCD, Flesh disck, dan Power Point.
h.    Seluruh dosen melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan 16 kali tatap muka, memberikan dan memeriksa tugas terstruktur, tugas mandiri dan melakukan ujian tengah dan akhir semester secara profesional.
i.      Terjalin kerjasama kemitraan antara Prodi PLS dengan Stake Holders (LPK, SKB dan BPKB, subdin PNFI pada Kemendiknas dan dinas lain yang bergayut pada tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk meningkatkan kompetensi teknis-fungsional calon sarjana PLS.
j.      Terbentuk tim kelompok kerja penyusun proposal, adanya proposal penelitian yang diusulkan kepada Direktur DP2M Kemendiknas dan adanya laporan penelitian fundamental, Hibah Bersaing atau jenis penelitian lainnya.
k.    Terbentuk tim atau kelompok kerja penyusun proposal, adanya proposal dan adanya laporan pengabdian pada masyarakat bidang: Ipteks Bagi Masyarakat (IbM) sumber dana dari DP2M Dirjen Dikti Kemendiknas, sumber Dana DIPA UNIMA atau sumber dana lainnya.
l.      Adanya kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk pendidikan dan latihan (Diklat) dalam bidang Pendidikan Keaksaraan Fungsional, Pendidikan Kesetaraan, Pendidikan Anak Usia Dini, Pemberdayaan Perempuan dan Generasi Muda bekerjasama dengan Direktorat Pendidikan Nonformal dan Informal   Kemendiknas tingkat Nasional dan provinsi.
m.   Adanya seorang staf administrasi untuk membantu mengelola kegiatan administrasi pada Prodi PLS
Mendorong kepada pimpinan fakultas dan universitas untuk mengadakan ruang perkuliahan yang representative dan kondusif dilengkpai sarana dan prasana pembelajaran yang mutahir misalnya Teknologi Informasi (TI)



Tracer Study Alumni FIP

 
Support : Creating Website | FIP UNIMA | Fakultas Ilmu Pendidikan
Proudly powered by UNIVERSITAS NEGERI MANADO
Copyright © 2011. Fakultas Ilmu Pendidikan UNIMA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by PHP